Belajar Matematika Lewat Nyanyian

Saya adalah salah satu penggemar sekaligus pengguna You Tube. Banyak hal yang biasa saya cari di sana, mulai dari mencari lagu, film, hingga berbagai tutorial.

Terinspirasi dari tulisan seorang blogger di blognya, Matematiku, saya  mengumpulkan beberapa lagu bertema matematika yang saya temukan di You Tube. Lagu-lagu yang akan saya tampilkan berikut baik untuk anak-anak untuk merangsang ketertarikannya belajar matematika. Agar belajar matematika terasa lebih menyenangkan tentunya .

Sayangnya, saya tidak menemukan banyak lagu matematika berbahasa Indonesia di sana. Walaupun demikian, tentunya ada nilai plusnya jika lagu matematika yang kita kenalkan berbahasa Inggris. Bisa sekaligus melatih listening dan menambah perbendaharaan kata bahasa Inggris nya juga tentunya.

Berikut beberapa lagu matematika yang saya kumpulkan. Jika kecepatan jaringan internet Anda tidak begitu cepat, untuk menikmatinya secara utuh, pastikan Anda telah memutarnya sampai selesai, kemudian me-replay nya untuk melihat video nya tanpa terputus-putus. Tentu hal ini tidak perlu Anda lakukan jika kecepatan internet Anda sangat cepat.

Ini adalah nyanyian sederhana tentang bilangan. Mengenalkan hitungan dari 1 sampai 10 juga hitung mundur dari 10 sampai 1. Kata-kata yang sederhana sangat cocok untuk anak pra sekolah.

 

Berikutnya juga masih tentang bilangan, yaitu mengenai operasi hitung pengurangan. Lagu yang berjudul “five little monkeys” ini dulu adalah lagu favorit kedua anak saya. Jika anak sudah hafal polanya, lagu bisa dimodifikasi dengan bilangan yang lebih banyak misalnya menjadi “ten little monkeys”, dan sebagainya. Cocok untuk mengenalkan konsep pengurangan bagi anak pra sekolah atau taman kanak-kanak.

 

Jika sudah paham pengurangan satu-satu, ada juga lagu tentang bilangan sejenis lagu di atas, tetapi pengurangannya dua-dua, yaitu lagu “10 little penguins” berikut ini.

 

Dua lagu berikut adalah tentang “geometri”. Lagu berjudul “polygon song” mengenalkan macam-macam bangun segi banyak (poligon) mulai persegi, segi lima, segi enam, dan seterusnya. Didalamnya dijelaskan karakteristik dilihat dari banyaknya sisi masing-masing banguan itu. Sementara lagu “3D shapes i know” menerangkan tentang tentang macam-macam bangun ruang (3-D). Ada bola, tabung, kubus, dan kerucut. Di lagu itu disebutkan juga berbagai contoh bagun-bangun tersebut di dunia nyata.

 

 

Ini adalah nyanyian matematika berbahasa Indonesia yang berhasil saya temukan. Dinyanyikan oleh anak-anak SD dan gurunya di sebuah sekolah di Palembang. Menyenangkan sekali jika belajar materi “bilangan desimal” ditemani nyanyian ini!

 

Itulah sebagian dari lagu-lagu bertemakan matematika untuk anak. Siapa tahu, salah satu dari lagu itu menjadi favorit putra-putri anda di rumah. Anda bisa mengeksplorasi lebih jauh di chanel asalnya, You Tube. Ada lebih banyak lagi lagu-lagu yang lainnya.

Selamat bermatematika lewat nyanyian!

Leave a Reply

  1. kreatif ya… sama sekali tak terpikirkan musik bisa masuk di matematika..
    trimaksih untukinfonya..
    o iya, sudah pernah dipraktekkan bu??