Roadshow Gerakan Ibu-ibu Pintar Matematika Bersama Prof. Yohanes Surya

Gerakan Ibu-ibu Pintar Matematika! Tidakkah terasa aneh terdengar di telinga Anda?

“Gerakan Ibu-ibu Pintar Matematika” adalah kepanjangan dari GIPIKA merupakan sebuah gerakan yang dicanangkan oleh Prof. Yohanes Surya Ph.D yang merupakan kelanjutan dari metode belajar matematika GASING yang juga dikembangkannya.

Untuk mempopulerkan pembelajaran matematika metode GASING melalui GIPIKA ini, Prof. Yohanes Surya melalui Surya Institute akan mengadakan roadshow melalui kegiatan seminar ke beberapa kota di Indonesia. Dimulai dari kota Bandung pada tanggal 29 Januari 2011. GIPIKA itu sendiri diluncurkan di Jakarta beberapa hari sebelumnya.

Sekilas Matematika Metode GASING

Sesuai namanya, matematika GASING berarti metode belajar matematika yang asyik dan menyenangkan. Sehingga diharapkan belajar matematika menjadi terasa cepat, mudah, dan menyenangkan. Matematika tidak lagi menjadi monopoli orang pintar saja, tetapi semua orang bisa mempelajarinya dengan mudah.

Belajar Matematika metode GASING ini dimulai dari aritmatika yang paling dasar yaitu pengenalan angka dan metode penjumlahan, kemudian dikembangkan dengan belajar metode perkalian, pengurangan, pembagian, angka negatif, soal cerita, dan seterusnya.

Metode GASING ini telah diterapkan kepada banyak anak-anak dan guru-guru dari provinsi Papua dengan hasil yang baik. Materi matematika SD yang biasanya dikuasai dalam waktu 6 tahun, dengan metode GASING ini dapat dikuasai dalam waktu 6 bulan. Sekarang metode ini ingin dipopulerkan kepada seluruh pelajar di Indonesia dengan harapan pelajar Indonesia menguasai matematika dan selanjutnya mudah menguasai ilmu-ilmu lain.

Untuk mempopulerkan matematika yang gampang asik dan menyenangkan itu, Prof. Yohanes Surya, Ph.D. telah mencanangkan gerakan agar para pelajar Indonesia dapat menguasai matematika dengan cepat dengan menggunakan metode ini. lalu apa hubungannya dengan ibu-ibu?

Karena matematika GASING perlu latihan mandiri, maka keberadaan pembimbing yang secara intens membimbing dan mengawasi sangat diperlukan. Selain guru, tentunya orang tua terutama ibu adalah pembimbing terbaik bagi anak-anak untuk latihan mandiri di rumah.  Jadi, bukan alasan bagi ibu-ibu yang selama ini tidak belajar atau mendalami matematika untuk takut dan malu belajar matematika dengan metode GASING ini.

Pelaksanaan roadshow di Bandung ini diselenggarakan oleh Ganesha Astromedia bekerjasama dengan Surya Institute. Dalam situs resminya, dijelaskan bahwa tujuan dari diadakannya seminar ini adalah: menggerakkan ibu-ibu dan anak-anak untuk menjadi senang belajar matematika, juga memperkenalkan cara belajar matematika yang mudah dan menyenangkan dengan metode GASING kepada orang tua, guru dan siswa.

Adapun waktu pelaksanaannya adalah tanggal 29 Januari 2011, dimulai pukul 09.00 – 15.00, meliputi paparan matematika metode GASING dan latihan dasar matematika GASING. Bertempat di Bandung Convention Centre, Jl. Sukarno Hatta 354 Bandung. Informasi lengkap mengenai seminar ini, bisa Anda lihat di sini.

Untuk roadshow ke beberapa kota lainnya, saya belum menemukan informasi. Mungkin jika Saya mendapatkannya, artikel ini akan Saya update.

Salam Matematika Menyenangkan ^_^.

 

,

23 Responses to Roadshow Gerakan Ibu-ibu Pintar Matematika Bersama Prof. Yohanes Surya

  1. irsyad araz January 28, 2011 at 12:36 pm #

    bgus bnget metodenya… prlu di cntoh ne kwan,

  2. Aar January 31, 2011 at 11:35 pm #

    Baru saja dengar cerita seminar ini dari bu Yayah. Wah… seru ya mbak? Terima kasih untuk ceritanya. Saya jadi pengin belajar GASING. :)

    • Ani Ismayani February 13, 2011 at 9:08 pm #

      Ya, sepertinya saya melihat bu Yayah di seminar itu, walau beliau tidak mengenali Saya :). Mungkin mas Aar bisa sekalian belajar juga dari bu Yayah!

  3. enniez February 14, 2011 at 12:39 pm #

    baru saja melihat gerakan ibu -ibu pandai matematika di tvone pagi ini, membuat saya tersadar bahwa ternyata tidak hanya saya saja yang kesulitan mengajar anak matematika terutama dalam hal perkalian dan pembagian, so salut buat prof Yohanes surya bersama tim- nya yang begitu peduli pada kemajuan anak indonesia melalui ibu-ibu mereka….ditunggu roadshownya di malang…tolong dikirim email ttg jadwal roadshow bila diadakan di malang ..terima kasih

    • fathul December 12, 2011 at 2:34 am #

      Kepada:
      Yth, Bpk./Ibu/Sdr/Sdri
      di Tempat
      Dengan hormat mengundang Bpk/Ibu/Sdr untuk hadir dalam pelatihan matematika GASING (GAmpang, aSyIk, dan menyenaNGkan) hasil riset oleh Prof. Yohanes Surya, Phd. yang akan dibawakan oleh Team Trainer Surya Intitute.
      Program pelatihan ini akan dilaksanakan selama 3 hari, dengan rincian sebagai berikut:
      Hari/tanggal: Jum’at-Minggu/6 – 8 Januari 2012
      Pukul: 08.00 – 16.00 wib
      Bertempat di: Rumah makan Ringin Asri
      Jln. Soekarno-Hatta No. 45
      Malang – Jawa Timur

      Pelatihan ini FREE, investasi sebesar Rp. 750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) untuk mendapakan 1 set buku Pintar Berhitung volume 1-10, buku Petunjuk Guru, Workbook TOT, makan siang dan snack selama 3 hari. Bagi Ibu/Bapak/Sdr yang berminat dapat mendaftar melalui pendaftaran online (mohon nama lengkap karena bersertifikat). Pembayaran dapat transfer ke rekening MANDIRI atas nama Fathul Amin, 141-00-1166644-0 (dengan konfirmasi melalui SMS ke 081 334 777 612 atau 081 333 628 109 yang berisi Nama Pengirim dan Pendaftar)
      Besar harapan kami atas kehadiran Bpk/Ibu/Sdr dalam acara pelatihan ini. Tempat terbatas, Info lebih lanjut, hubungi: Fathul Amin, M.Pd, Telp. / SMS (simpati: 081334777612) / (IM3: 085755973040) e-mail : fathul.am@gmail.com atau Lusi, Telp. / SMS 081333628109 e-mail : lusi.mlg@gmail.com .
      • facebook : GIPIKA – Gerakan Ibu-ibu Pandai Matematika
      • Blog : http://fat1234.wordpress.com
      Salam hormat,

  4. syifa February 14, 2011 at 3:42 pm #

    tertarik bgt waktu liat di tv one apalagi qta punya anak usia SD semoga melalui gipika semua anak indonesia semakin tertarik dengan matematika krn selama ini banyak anak yg kurang menyenangi mtka. buat ibu2 di indonesia yok dukung gipika….
    minta jadwal roadshow nya jg pak….

    • Ani Ismayani February 14, 2011 at 9:53 pm #

      pertama, maaf saya bukan bapak ^_^. mohon cek ini: http://www.matematikamenyenangkan.com/about/

      sepertinya mmg banyak orang, terutama ibu2 yg tertarik dgn gipika ini, termasuk juga saya. dan mungkin metode gasing untuk belajar math. bisa menjadi salah satu alternatif mengajar math pada anak.

      untuk jadwal roadshow di tempat lain saya belum menemukan informasinya.

      terima kasih.

  5. RACHMAWATI IKA February 14, 2011 at 9:10 pm #

    Melihat acara tadi pagi di tv one ,saya sebagai ibu rumah tangga tertarik untuk ikut bergabung bersama gipika tapi bagaimana caranya? sebab saya masih mempunyai anak balita. Apakah saya bisa belajar melalui internet?

    • Ani Ismayani February 14, 2011 at 9:35 pm #

      memang ada beberapa video yg sudah diupload di youtube, coba aja ibu mencarinya!
      prof. yohanes surya sendiri menjanjikan akan mengupload video2 teknik2 berhitung metode gasing ini ke youtube, jadi kita bisa mempelajarinya di rumah juga ko!
      tunggu aja!

  6. sri murniati February 15, 2011 at 2:25 pm #

    saya juga sangat tertarik sekali sama metode GASING di TVONE kemarin pagi

  7. dian kurniawati February 16, 2011 at 12:16 am #

    saya tertarik untuk mengikuti program GIPIKA ini ….bagaimana caranya?

  8. panji irfan May 21, 2011 at 12:02 pm #

    Wah hebat sekali ini gerakan. Ibu-ibu semakin mengagumkan. Ayo Bapak-bapak bergerak, jangan ketinggalan, he..

  9. ani May 21, 2011 at 7:54 pm #

    Bagaimana caranya saya mau masuk anggota gapika, saya pengen share ilmu saya jika sudah di ajar ke ibu2 yg lain , krn anak saya sudah besar2 mungkin persiapan saya pensiun dannanti ajarin cucu kalau panjang umur, dan pastinya bisa ajarin keponakan2 keculku

  10. ani May 21, 2011 at 7:56 pm #

    saya lihat acara gipika di tv pepeng, sangat tertarik banget dan pengen belajar , tolong infonya

  11. Maryanah. June 15, 2011 at 8:35 am #

    Bagus sekali , jika ibu2 mampu menguasai bidang matematika
    apalagi tak perlu pusing2 harus menghafalkan rumus sangat
    bermanfaat untuk putra-putrinnya

    • Ani Ismayani June 15, 2011 at 10:29 am #

      sebenarnya matematika teknik gasing sendiri ada pola-pola yg harus dihapal bu ^_^.
      walau tentu saja, jika sudah terbiasa selanjutnya bisa lebih mudah.

  12. iin February 9, 2012 at 7:40 pm #

    kapan metode gasing diadakn lagi di jawa tengah(jogja/solo)saya tertarik untuk mengikuti pelatiahn

  13. amalia safitri May 30, 2012 at 1:32 am #

    duh,,,aku tertarik banget nih,,,dengan metoe gasing,,apalagi aku seorang guru sd yang kadang kadang sulit mengajarkan sama anak2
    kapan yah ada di jakarta.,,,,,,,,,,,,??????????????
    mohon info nya
    kirim ke e mail saya ya

Trackbacks/Pingbacks

  1. Tweets that mention Roadshow Gerakan Ibu-Ibu Pandai Matematika Bersama Prof. Yohanes Surya | Matematika Menyenangkan -- Topsy.com - January 26, 2011

    […] This post was mentioned on Twitter by Ani Ismayani and Ani Ismayani, Ani Ismayani. Ani Ismayani said: Seminar GIPIKA bersama Prof. ohanes Surya di Bandung http://fb.me/RDTngKRO […]

  2. Bilangan Real | Math_Melani - March 5, 2011

    […] Roadshow Gerakan Ibu-ibu Pintar Matematika Bersama Prof. Yohanes Surya […]

Leave a Reply

Designed by Desaindigital

%d bloggers like this: