Tips Belajar Matematika

Setiap orang memiliki cara yang unik dalam belajar yang mungkin saja antara yang satu dengan yang lainnya saling berbeda. Oleh sebab tidaklah benar andai dikatakan bahwa model belajar yang satu lebih unggul dibanding model belajar yang lain. Semua tergantung dengan kebiasaan dan potensi masing-masing. Seseorang memang selalu memiliki kecenderungan terhadap model atau cara belajar tertentu. Apakah itu visual, auditorial ataupun kinestetik.

Dalam tulisan ini saya akan memberikan beberapa tips yang bisa Anda ikuti ketika belajar matematika. Beberapa tips mungkin saja cocok dengan Anda, tetapi mungkin juga beberapa tips yang lainnya kurang cocok. Tidak ada yang salah dengan hal itu! Yang perlu diperhatikan adalah Anda tahu potensi dan posisi atau cara dan model belajar yang cocok dan Anda rasakan berguna unntuk mendapatkan hasil belajar yang optimal.

Belajar Matematika tidak Seperti Menonton Olah Raga

Anda tidak bisa belajar matematika cukup dengan hanya datang ke kelas, melihat guru menerangkan lalu mengerjakan soal. Tetapi lebih dari itu, Anda harus terlibat aktif di dalam setiap proses pembelajaran. Selain datang dan hadir di ruangan kelas ketika pembelajaran berlangsung, Anda juga harus selalu memperhatikan apa yang sedang dijelaskan, membuat catatan setiap materi dengan baik dan tersusun rapih, mengerjakan beberapa pekerjaan rumah meskipun tidak diwajibkan oleh guru. Anda juga perlu belajar dalam jadwal yang teratur, tidak hanya belajar ketika akan diadakan tes. Seperti itulah proses belajar yangn harus Anda lalui.

Pada kenyataannya seringkali kebanyakan siswa sekolah bahkan seorang mahasiswa sekalipun, belajar lebih keras hanya ketika mereka akan menghadapi tes matematika. Sementara di lain waktu dia tidak pernah mengulangi pelajaran yang diterimanya di kelas. Belajar demikian tentunya tidak akan berhasil optimal.

Memahami Prinsip Dasar itu Penting

Walaupun ada saatnya Anda perlu menghapal beberapa bagian ketika belajar matematika, tetapi matematika bukanlah pelajaran hapalan. Sehingga untuk menguasai beberapa konsep matematika, menghapal rumus itu tidaklah cukup. Tentu berbeda halnya ketika Anda akan menghadapi tes pelajaran sejarah. Cukup menghapal nama, kejadian atau peristiwa sejarah atau waktu berupa sekumpulan tanggal, bulan dan tahun, sepertinya Anda bisa melewati tes itu dengan baik.

Selain menghapal beberapa rumus, Anda juga perlu mengetahui beberapa hal yang berkaitan dengan rumus itu, termasuk darimana rumus itu ditemukan (penurunannya), atau batasan-batasan apa saja yang harus dipenuhi agar rumus itu bisa digunakan dengan tepat.

Beberapa rumus seringkali bersifat umum, sehingga diperlukan identifikasi dan analisa jika ingin menggunakan rumus tersebut untuk menyelesaikan sebuah persoalan terkait. Jika Anda tidak memahami bagaimana rumus itu bekerja dan prinsip-prinsip yang ada dibalik rumus itu, bukan tidak mungkin menggunakan rumus justru menjadi terasa lebih sulit. Anda harus mengingat dan memperhatikan itu, atau malah Anda hanya akan mendapatkan jawaban yang keliru.

Matematika itu Ilmu Terstruktur

Matematika adalah ilmu terstruktur dan bertingkat. Hampir semua materi matematika yang akan Anda pelajari itu saling berkaitan. Untuk bisa memahami beberapa konsep lebih tinggi diperlukan pemahaman terhadap konsep di bawahnya. Sehingga agar tidak bermasalah dengan beberapa konsep di level yang lebih tinggi, konsep-konsep di level sebelumnya itu harus dikuasai dan tidak boleh dilupakan.

Ketiga hal di atas adalah hal utama yang harus Anda perhatikan ketika belajar matematika. Tips di atas tentunya tidak hanya berlaku bagi siswa sekolah, tapi berlaku bagi siapa saja yang ingin belajar matematika di luar sekolah (Homeschooling). Jika ada tips lain yang ingin Anda tambahkan, Anda bisa menuliskannya di kolom komentar. Semoga berguna!

,

25 Responses to Tips Belajar Matematika

  1. aditya September 17, 2010 at 9:36 am #

    sejak sekolh dulu saya sangat lemah di pelajaran ini mas,,
    mungkin karena saya kurang begitu suka dengan pelajaran ini..
    akhirnya sya mengalami kesulitan saat ini di mana saya akan memasuki masa kuliah..

    tolong saya keluar dari ini..

  2. Ani September 17, 2010 at 10:11 am #

    matematika bisa dipelajari, jadi ketika tidak ada kemauan dan aksi untuk mempelajarinya sungguh2 bisa jadi sulit untuk mempelajarinya.
    mulailah mempelajari konsep2 dasar hingga paham dan menguasainya. setelah konsep, coba terapkan untuk mengerjakan soal2 terkait.
    latihan dan pengulangan yg kontinu akan mengasah skill matematika anda. belajarlah dan jangan putus asa!

    btw, saya bukan mas loh :)!
    http://www.matematikamenyenangkan.com/about/

  3. erwin October 3, 2010 at 7:20 pm #

    salam kenal mbak !

    saya punya kelemahan matematika yg sekarang saya rasakan ! saya hanya takut tidak lulus ! ujian smk tahun ini !

    dan seandainya lulus saya ingin punya nilai yang tinggi dlam mtk ! mbak bagai mana cara saya harus belajar mtk sedang kan ini adalah waktu yang sangat sempit untuk belajar mtk ! tiap saya belajar mtk ! saya merasa sulit ! karena dulu saya taksuka pada mtk ! apa masih bisa ya ?

  4. Ani Ismayani October 3, 2010 at 8:41 pm #

    saran saya, pertama hilangkan segala ketakutan dengan yg namanya “ujian nasional”. rileks aja, biar bisa lebih konsen pada materi yg blum dikuasai dibanding ke takut nya.
    pada prinsipnya,soal-soal ujian nasional dari tahun ke tahun itu tidak akan pernah jauh berbeda. materi dan tipe2 soalnya seringkali sama. jadi sebenarnya anda cukup berlatih mengerjakan soal2 itu. mungkin waktu satu semester cukup untuk mengejar ketinggalan itu, asal anda belajar dgn efektif dan konsisten.
    jadi mulailah mencari bank soal un, kalo ada yg bentuknya taya jawab, setidaknya soal un sampe 5 tahun terakhir. berlatihlah mengerjakan soal2 itu dgn teratur. dengan sendirinya, insya alloh skill anda akan terlatih.
    semoga membantu!

  5. yantiXITKj2 December 25, 2010 at 8:51 am #

    saya sejak dari SD , SMP ,Sampai skrang
    saya itu bodoh bangets Belajar matematika.

    mbak ,
    bagaimana agar saya menyukai dan bisa mempelajari bilangan 2 ini ?
    soalnya ,
    saya peng3n bangettzz bisa matematika ???

    thANKz ,,,,,,,

  6. Ani Ismayani December 30, 2010 at 3:21 pm #

    kalau bicara pintar atau bodoh, rasanya saya pun tidak merasa bisa apalagi pandai dalam matematika. hanya saja, saya menyukai dan berusaha untuk belajar agar setidaknya paham ^_^.
    jadi, teruslah belajar jangan pernah bosan dan menyerah!

  7. desya January 12, 2011 at 11:25 am #

    lam knal mbakk,,,
    mbak, knpa ya setiap saya lihat soal olmpiade mtk kok selalu pusing mendadk???
    pa krna saya gk biasa kali ya??
    hbisnya saya agk tertkan wktu ngrjaen soalnya karna kadng sya lupa ma mteri dasrnya n nalar saya gak nyampe ksna..
    kira2 saya bisa jdi juara gak ya, klo saya mau rajin n tekun ngjawab soal2 olimpade mtk???

    n dsini bsa bntu ngjaen soal mtk gk???

    • Ani Ismayani March 8, 2011 at 8:31 pm #

      Soal2 olimpiade pastinya memiliki level kesulitan di atas soal biasa.
      Bagaimana pun bentuk soal itu, yg utama adalah pahami dan kuasai konsep/ materi yang berkaitan untuk soal tersebut. Setelah konsepnya dikuasai dgn matang, insya alloh selanjutnya tinggal banyak2 lah berlatih soal (olimpiade).

      Latihan bisa dilakukan dgn cara “kontrak soal”. Misalnya, buat perjanjian dgn diri sendiri atau pembimbing dalam sehari harus mengerjakan 10 soal. Dilakukan terus menerus sampai bisa benar2 terlatih dgn berbagai tipe soal.

  8. rahmi March 8, 2011 at 8:20 pm #

    mbak slm knal???
    mbak ginie wktu smp aku bljar matematika ny mudah2….tp,ckrang waktu sma nie gag….
    karna gurunya gak enak,,,,
    mksd n gag seru…..

    mbak apa yang harus ku lkukuan…..
    gar aku bisa melawan nya…

    • Ani Ismayani March 8, 2011 at 8:39 pm #

      Pastinya, materi math SMP akan lebih mudah dibanding materi di SMA. Tapi, harus ingat juga, bahwa materi di SMA adalah kelanjutan dari materi SMP. Jadi, kalau penguasaan materi SMP nya bagus, Insya Alloh materi SMA akan lebih mudah bisa dikuasai.

      Seperti yang saya bilang, jika kondisinya demikian usahakan kamu tidak terpaku mengandalkan pembelajaran di kelas. Belajarnya di tempat lain, seperti les, bimbingan belajar, atau pada siapa pun yg kamu merasa nyaman buat belajar.

      Biasakanlah kamu melatih untuk bisa belajar mandiri. Untuk level SMA, sudah saatnya kamu kreatif dalam mencari tempat dan cara belajar yg nyaman menurutmu.

      Ingat, belajar bisa dari siapa saja, kapan saja, dan di mana saja ^_^…

  9. Syuhada Hanesti May 22, 2011 at 12:18 pm #

    mba, gimana caranya supaya sukses mtk?
    saya sering sekali mengeluh sama pelajaran mtk.
    setiap ulangan, saya suka blank.
    pdhl sudah mati2an belajarnya.
    dan akhirnya remed.
    dan saya sering mengalami kesulitan ketika memecahkan soal.
    btw, mba ada solusi ga, supaya saya bisa menjawab soal2 dgn mudah dan pandai dlm mengolah angka dlm pljrn mtk?

  10. Ani Ismayani May 23, 2011 at 10:49 am #

    Tips praktis dari saya: “kuasai apa yg kamu dapatkan hari ini!”

    Maksudnya, ketika kamu mendapatkan sebuah materi baru di kelas, udahakan kamu harus “paham” saat itu juga. jika belum paham, ulangi setelah jam belajar selesai. jika belum paham, ulangi setelahmpulang sekolah, jika belum paham ulangi dan pelajari kembali dim rumah…

    Pastikan kamu sudah menguasai materi lama itu, sebelum materi baru dipelajari. Jika kamu belum paham materi lama, sementara materi baru sudah ada, kemungkinan “ketidakpahaman” kamu bisa semakin bertumpuk.

    Jika materi bisa kamu pahami sedikit demi sedikit, insya alloh setiap tes atau ulangan tidak akan jadi masalah, bahkan jika kamu tidak belajar sebelumnya sekalipu.

    Selamat mencoba! ^_^

    • annish September 3, 2011 at 12:29 pm #

      mtk it susah . .slh sdikit hitunganya. . bsa salah smua

  11. dhika November 22, 2011 at 3:43 pm #

    mba saya merasa minder ketika teman teman yang lain dengan mudahnya menjawab soal soal matematika,.,,.,.saya berpendapat bahwa orang yang bisa matematika masa depannya akan cerah..,,.,sedangkan saya yang tidak bisa matematika mau di bawa ke masa depan saya

    • Ani Ismayani November 23, 2011 at 8:43 pm #

      Pastinya dhika ga boleh minder! justru jadikan teman-teman yg sudah pandai itu teman belajar, tempat dhika menanyakan apa-apa yg dhika belum pahami.

      Perlu dhika tau, cerah atau suramnya masa depan seseorang tidak berhubungan dgn kemampuannya terhadap matematika. Jadi jangan khawatir, kalau misalnya saat ini Dhika belum bisa menguasai pelajaran matematika yg diberikan.

  12. dhika November 22, 2011 at 3:45 pm #

    tolong bantu saya ,.,.,,.saya hampir putus asa sama pelajaran mtk dan fisika

  13. Ani Ismayani November 23, 2011 at 8:45 pm #

    Pelajarilah sedikit demi sedikit sesuai dengan kemampuan Dhika. Bertanya dan belajarlah dari siapapun yang Dhika anggap bisa. Insya Allah, hasilnya akan lebih baik…

    Jadi, ga boleh putus asa duluan sebelum berusaha. Kalaupun setelah berusaha hasilnya belum memuaskan, pasti Dhika memiliki kemampuan lebih di bidang/ pelajaran lainnya.

    Selamat belajar… ^_^

  14. DIAN December 30, 2011 at 1:00 pm #

    MAJU TRUZZZZZZZ,,

  15. incha December 31, 2011 at 10:35 am #

    toolloonkk sayyaa mbbaa’
    sayyaa idttuu drriiy dlluu sukkaa bgeett smmaa metematikkaa
    tppii sayaa mraasaa ksulliitaan kalaau pas nriimma plajarraan x idttuu

    aphaa laggiiy khaam syaa skolaahh dii smk jddii materii x idtuu rada’ sdikkiit nggaak nyambunkk
    jddii syaa mntta tlloonkk bagaimaanna solusii x biaar syaa mdaah nriimaa plajarrann matematiikka it ??

  16. ranni April 21, 2012 at 10:51 pm #

    maaf mbak saya copas yaa buat pengetahuan yg lain jg :D
    makasih

    hhehee

    • Ani Ismayani May 28, 2012 at 2:38 pm #

      maksudnya copas ke mana? jika buat diposting ulang di blog nya, etika nya copas seperti itu dilarang! :)

  17. umitika May 22, 2012 at 10:47 am #

    salam kenal..
    mhn pendapat dr mb,langkh or cra apa yang meski dilakukan agar anak bisa senang n enjoy bljr math trutm mngjrkn ttg perkalian n pembagian krn mereka sulit bila dmnta mngafal perkalian dasr?? trmksh

  18. Ani Ismayani May 28, 2012 at 2:45 pm #

    prinsipnya anak akan senang jika anaknya sendiri mau belajar. dan untuk memunculkan minat itu salah satunya dibuat agar materi yang akan diajarkan dibuat dibuat agar lebih mudah dipahami juga menarik.

    Untuk belajar matematika, termasuk materi perkalian dan pembagian salah satu yg penting adalah bagaimana penanaman konsep itu diberikan dengan benar dan cara2 yg baik dan menyenangkan. Beberapa waktu lalu, saya menerjemahkan buku bagus bagaimana konsep perkalian itu sebenarnya. Mungkin bisa dijadikan sebagai referensi. Saya membuat postingan ttg buku itu di sini:
    http://www.matematikamenyenangkan.com/menangkan-hadiah-buku-pintar-perkalian-karya-carol-vorderman/

    Semoga membantu!

  19. juwanir May 31, 2012 at 1:15 pm #

    minta izin copy artikelnya

Leave a Reply

Designed by Desaindigital

%d bloggers like this: